Lambang Mahkamah Agung Republik Indonesia
Lambang Mahkamah Agung Republik Indonesia
Berita / Rabu, 9 Agustus 2017 09:56 WIB / Sony

KUNJUNGAN KOMISI III DPR RI KE SULAWESI UTARA

KUNJUNGAN KOMISI III DPR RI KE SULAWESI UTARA

Jakarta-Humas, Kunjungan Kerja kali ini yang dipusatkan di Manado, dengan 4 (empat) lingkungan peradilan se wilayah Sulawesi utara yang ditempatkan di Ruang aula Serba Guna Pengadilan Tinggi Manado. Kunjungan kerja Komisi III DPR RI dihadiri oleh Ketua Pengadilan Tinggi Sudiwardono,SH.,M.Hum, Ketua Pengadilan Tinggi Agama DR. H. M. Jamil Ibrahim, S.H., M.H., M.M, dan Ketua Pengadilan TUN Oleh Jamres Saraan, SH. MH, dan Kepala Pengadilan Militer III-17 Manado Esron Sinambela,S.S, SH.,MH. Para Hakim Tingkat Pertama dan Banding, dan Juga Para Ketua Pengadilan Negeri se Wilayah Hukum Sulawesi Utara .

Rapat Kerja dalam Kunjungan Kali ini dipimpin oleh Dr.Benny Charman Dari Fraksi Partai Demorkat, Herman Hery Dari Fraksi Partai PDI Perjuangan, Ichsan Soelistyo Dari Fraksi Partai PDI Perjuangan, Risa Mariska, SH Dari Fraksi Partai PDI Perjuangan, Drs.Eddy Kusuma Wijaya,SH.,MH. Dari Fraksi Partai PDI Perjuangan,  Ir.H.Adies Kadir,SH.,MH., Dari Fraksi Partai Golkar,  H. Ahmad Zacky Siradj Dari Fraksi Partai Golkar, H.R. Muhammad Syafi’I SH.,M.Hum Dari Fraksi Partai Gerindra, Wihadi Wiyanto,SH.,MH. Dari Fraksi Partai Gerindra,  Drs.Wenny Warouw Dari Fraksi Partai Gerindra, Didik Mukriyanto,SH.,MH. Dari Fraksi Partai Demokrat,  Dr.Dossy Iskandar Prasetyo,SH. Dari Fraksi Partai Hanura, dalam kunjungan kali ini juga ada Sekretariat Komisi III DPR, Penghubung Kepolisian, Penghubung Kemenkumham, Penghubung Kejaksaan Agung, Penghubung BNN, dan Penghubung MA.

Rapat kerja dimulai dengan pemaparan dari Ketua Pengadilan Tinggi Manado Sudiwardono,SH.,M.Hum yang menjelaskan tentang kendala yang dihadapi oleh pengadilan seperti Adanya Rumah Dinas Hakim yang sudah Tua dan Cuma ada beberapa rumah saja sehingga para Hakim Tinggi hanya sewa/Kos saja. Dan juga untuk biaya pemiliharaan sangat minim, dan juga ada penambahan 1 Pengadilan Negeri yaitu Pengadilan Negeri Melonguane dikepulauan talaud yang akan dioperasikan tahun depan.

Selanjutnya pemaparan dari Ketua Pengadilan Tinggi  Agama Manado DR. H. M. Jamil Ibrahim, S.H., M.H., M.M, yang menjelaskan tentang kendala yang dihadapi seperti kurangnya pengadaan pegawai yang mempunyai keahlian dibidang IT, ada juga Pengadilan agama yang sangat dibutuhkan yaitu PA Lolak, PA Tutuyan, PA Baroko, PA Bolang Uki. Namun ke-empat PA tersebut belum berjalan karena belum adanya anggran.

 Pemaparan dari Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Mataram H. UJANG ABDULLAH, SH., M.Si.,  yang meminta kejelasan tentang Pengadaan Pembangunan Gedung atau Kantor Permanen, Pengadaan Rumah Dinas Hakim, Saluran Air, Pengadaan Mobil Dinas dan Hakim dan lainya.

Terakhir Pemaparan kepala Pengadilan Militer III-17 Esron Sinambela,S.S, SH.,MH. Yaitu Dalam skala prioritas mengingat wilayah hokum yang sangat luas sidang keliling sangat diperlukan . untuk itu perlu ditingkatkan anggran penambahan siding keliling guna menyelesaikan proses berperkara. Kurang SDM untuk mendukung Proses Perkantoran dan Juga Pembangunan Gedung Kantor Pengadilan Militer-17 manado agak tidak mengontrak gedung kantor.

Acara Rapat kerja ini berakhir dengan pertukaran Plakat dan foto bersama rombongan Komisi III DPR dengan Jajaran 4 (empat) lingkungan se Wilayah Hukum Provinsi Sulawesi Utara .(SF/RS)

 

 




Kantor Pusat