Lambang Mahkamah Agung Republik Indonesia
Lambang Mahkamah Agung Republik Indonesia
Berita / Minggu, 21 Januari 2018 22:04 WIB / Azizah

KETUA MA : "HAKIM PEREMPUAN INDONESIA MEMILIKI PERAN PENTING DALAM PEMBANGUNAN HUKUM NASIONAL"

KETUA MA :

Jakarta-Humas: Sabtu, 20 Januari 2018, para peserta Pertemuan Hakim Perempuan dari Empat Badan Peradilan di seluruh Indonesia mengikuti seminar ilmiah dengan judul Penegakkan Hukum Terhadap Perkara Perempuan Berhadapan dengan Hukum di hotel Mercure Ancol, Jakarta. Seminar ini menghadirkan para perempuan hebat Indonesia di antaranya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pujiastuti dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. M. Hatta Ali., SH., MH dalam pidatonya saat membuka seminar ini mengatakan bahwa Hakim Perempuan Indonesia memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan hukum nasional. Hal ini menurut Hatta, terbukti hingga sekarang, dari kurang lebih 1.900 orang hakim perempuan atau 27 % dari keseluruhan jumlah hakim, sudah sangat banyak hakim perempuan yang menduduki berbagai jabatan pimpinan pengadilan, dengan kualitas kepemimpinan yang mampu bersaing dengan hakim laki-laki. Termasuk juga sebagai Hakim Agung, bahkan hingga jabatan Wakil Ketua Mahkamah Agung pernah diduduki oleh hakim perempuan.

Hatta menambahkan bahwa lahirnya Peraturan Mahkamah Agung (Perma) Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pedoman  Mengadili Perkara Perempuan Berhadapan Dengan Hukum, yang menjadi salah satu pokok bahasan di seminar ini, juga tidak terlepas dari andil perwakilan hakim perempuan Indonesia yang hadir dalam Pertemuan Hakim Perempuan se-ASEAN pada tanggal 24-25 Juni 2016 di Bangkok.

Seminar ini diharapkan mampu memberikan ilmu dan pengalaman yang bisa diambil oleh para hakim wanita dalam menjalankan tugasnya. “Saya berharap, para peserta sekalian dapat memanfaatkan kesempatan emas ini untuk menyerap ilmu dan pengalaman berharga dari para narasumber, agar menjadi bekal khususnya dalam menjalankan tugas sebagai hakim.” Harap Hatta. (Azh/LH/RS)

 




Kantor Pusat