Lambang Mahkamah Agung Republik Indonesia
Lambang Mahkamah Agung Republik Indonesia
Berita / Senin, 25 Maret 2019 22:30 WIB / Rudy Sudianto

KETUA MAHKAMAH AGUNG HARAP PENGADILAN TINGKAT BANDING TINGKATKAN KINERJA DALAM MEMUTUS DAN MENYELESAIKAN PERKARA

KETUA MAHKAMAH AGUNG HARAP PENGADILAN TINGKAT BANDING TINGKATKAN KINERJA DALAM MEMUTUS DAN MENYELESAIKAN PERKARA

Jakarta – Humas : Ketua Mahkamah Prof. Dr. M. Hatta Ali, SH., MH di sela sela Gala Dinner dengan peserta Judicial Integrity Champions melakukan pembinaan dengan para Ketua Pengadilan Tingkat Banding Empat Lingkungan Peradilan serta Ketua Pengadilan Pajak pada Senin malam (25/3/2019) di Ballroom Hotel Aryaduta Jakarta.

Dalam pembinaannya, Hatta Ali menyampaikan bahwa produktifitas memutus dan menyelesaikan perkara di semua tingkat peradilan, mulai dari Pengadilan Tingkat Pertama hingga ke Mahkamah Agung haruslah meningkat, hal ini untuk meningkatkan juga kepercayaan publik terhadap dunia peradilan. Namun, menurut Hatta. Produktifitas memutus dan menyelesaikan perkara di Pengadilan Tingkat Banding dan Pengadilan Pajak sangat rendah dibandingkan dengan Pengadilan Tingkat Pertama dan Mahkamah Agung. Pengadilan Tingkat Banding menurut Hatta belum menunjukkan kinerja dalam memutus dan penyelesaikan perkara. “Semua Direktur Jenderal (Dirjen) yang membawahi masing–masing Pengadilan harus mengawasi para Hakim Tinggi yang suka memutus perkara terlalu lama, biar kita Mutasikan.” Tegas Mantan Ketua Kamar Pengawasan ini di hadapan para Ketua Pengadilan Tingkat Banding di seluruh Indonesia.

Mantan Ketua Ikahi ini mengajak para Ketua Pengadilan Tingkat Banding untuk mencermati SEMA Nomor  2 Tahun 2014, terkait masa penyelesaian perkara. Hatta juga meninta mereka untuk membaca dan menyimak Perma 7,8, dan 9, sebagai rambu pengawasannya.

“Jangan lagi pengen buru–buru pulang ke daerahnya, padahal belum menyelesaikan perkaranya, mustinya selesaikan dulu perkara–perkara di atas meja kerja saudara, barulah pikir pulang ke daerah, supaya pikiran jadi plong dan tidak ada beban” Lanjut Hatta dengan suara tegasnya.

Acara pembinaan ini juga diikuti  oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung bidang Yudisial dan Non Yudisial, para Ketua Kamar, serta Pejabat Eselon I di lingkungan Mahkamah Agung. (azh/RS/humas)




Kantor Pusat