Lambang Mahkamah Agung Republik Indonesia
Lambang Mahkamah Agung Republik Indonesia
Berita / Kamis, 26 Oktober 2023 15:05 WIB / Azizah

KUNJUNGI UDAYANA, MAHKAMAH AGUNG CARI BIBIT TERBAIK UNTUK MENJADI APARATUR PERADILAN

KUNJUNGI UDAYANA, MAHKAMAH AGUNG CARI BIBIT TERBAIK UNTUK MENJADI APARATUR PERADILAN

Denpasar-Humas: Mahkamah Agung kembali menyelenggarakan kegiatan MA Goes To Campus. Kali ini kegiatan yang selalu mendapatkan sambutan hangat dari para mahasiswa tersebut dilaksanakan di Aula Fakultas Hukum Universitas Udayana, Denpasar (26/10). 

Kegiatan MA Goes to Campus ini merupakan kegiatan yang dilakukan untuk memberikan akses seluas-luasnya kepada mahasiswa untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya terkait Mahkamah Agung, tugas fungsinya, macam-macam profesi yang ada di dalamnya, dan lain-lain.

Dalam kegiatan kali ini, MA Goes To Campus menghadirkan para narasumber yang ahli di bidangnya, yaitu Ketua Pengadilan Negeri Singaraja Heriyanti, S.H., M.Hum., Hakim Yustisial Biro Hukum dan Humas Dr. Riki Raya Perdana Waruwu, S.H., M.H.,  serta Vice President of Sales SCTV, Indosiar, Emtek Digital Government Client Sinta Nasution. 

Hadir pula memberikan sambutan hangat yaitu  Kepala Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung Dr. H. Sobandi, S.H., M.H.  dan Dekan Fakultas Hukum Universitas Udayana Denpasar Prof. Dr. Putu Gede Arya Sumerta Yasa, S.H., M.Hum.

Sobandi menyatakan bahwa melalui kegiatan MA Goes To Campus, Mahkamah Agung mencari bibit- bibit terbaik di setiap kampusnya, baik untuk menjadi hakim, panitera, jurusita, dan jabatan lain. 

Ia menyatakan, dunia peradilan saat ini sangat berbeda dengan zaman dahulu. Kini, mengikuti perkembangan informasi teknologi (IT) yang ada, Mahakamah Agung hampir di seluruh lini pelayanannya sudah beralih dari manual ke digital. Pelayanan peradilan seperti mendaftarkan perkara, pemanggilan para pihak, bahkan bersidang sudah menggunakan media digital. Yang terkini, Mahkamah Agung menggunakan sidang live streaming dan penentuan majelis hakim melalui robot (artificial intellegent). 

Untuk itu ia menyatakan khawatir jika bukan bibit terbaik maka tidak bisa mengikuti perkembangan yang ada di Mahkakah Agung kini. 
https://www.mahkamahagung.go.id/cms/media/11971

Pada saat yang bersamaan, Dekan Fakultas Hukuk Universitas Udayana menyatakan bahagia dan bangga kampusnya bisa terpilih sebagai tempat penyelenggaraan MA Goest To Campus. Menurutnya para mahasiswa membutuhkan insight dari para praktisinya langsung. 

“Biasanya para mahasiswa ini mendapatkan pelajaran tentang ilmu hukum dari para dosen yang hanya paham teori, kali ini mereka mendapatkan kesempatan berharga karena bisa mendapatkannya langsung dari ahlinya, praktisinya,” katanya.

Ia berharap para mahasiswa semakin tertarik untuk menjadi hakim dan aparatur peradilan dengan profesional dan berintegritas.

Turut hadir pada kegiatan yang diikuti oleh kurang lebih 100 mahasiswa hukum ini yaitu Ketua Pengadilan Negeri Denpasar I Nyoman Wiguna, S.H., M.H., Ketua Pengadilan Agama Denpasar Drs. Parhanuddin, Kepala Pengadilan Militer III-14 Denpasar Kolonel CHK Dedy Darmawan, S.H., M.H., serta perwakilan Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Denpasar Ifan Pahlavia, S.H. 

Acara yang dari awal hingga akhir diikuti dengan penuh antusias ini, ditutup dengan menonton film tentang perjuangan seorang hakim ketika bertugas yang berjudul Pesan Bermakna. (azh/RS/Photo:PN)




Kantor Pusat