Lambang Mahkamah Agung Republik Indonesia
Lambang Mahkamah Agung Republik Indonesia
Berita / Jumat, 15 Maret 2019 13:43 WIB / Devi Sugara

KETUA MA RESMIKAN MASJID AL – HIKMAH DI PENGADILAN NEGERI JAKARTA PUSAT

KETUA MA RESMIKAN MASJID AL – HIKMAH DI PENGADILAN NEGERI JAKARTA PUSAT

JAKARTA – HUMAS, Jum’at 15 Maret 2019. Ketua Mahkamah Agung RI Prof. Dr. H. Muhammad Hatta Ali, SH, MH. Meresmikan sebuah masjid dengan konstruksi dua lantai telah berdiri dengan megah yang diberi nama "Al Hikmah" dan jadi kebanggaan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.
https://www.mahkamahagung.go.id/cms/media/5804
Dalam laporannya Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Dr Yanto, SH, MH tak mau menyebutkan total biaya pembangunan Al Hikmat. "Pokoknya sudah selesai dan berapa biayanya saya tidak tahu. Yang pasti beberapa hakim bawahan saya, telah dengan rela memberi sumbangan dengan mengorbankan gajinya selama beberapa bulan," Pembangunan mesjid ini terbilang sangat sukses dan membanggakan karena panitia pembangunan semula merencanakannya satu tahun tetapi dalam kurun waktu enam bulan telah selesai dan diresmikan.
https://www.mahkamahagung.go.id/cms/media/5805
Ketua Mahkamah Agung, Muhammad Hatta Ali dalam sambutannya nengatakan bahwa pembangunan mesjid bukan sekedar membangun sarana ibadah ritual. Melainkan juga sebagai tempat dakwah berjamaah serta sekaligus membangunkan sarana ibadah infaq dan amal jariah. Membangun mesjid bukan pula hanya untuk bermegah megahan atau berpamer pamer tetapi justru untuk meneduhkan hati, Mesjid harus menjadi tempat untuk melatih ketaqwaan yang dilakukan secara berjamaah. Serta untuk meningkatkan ketaqwaan bagi aparatur pengadilan akan berbanding lurus dengan meningkatnya profesionalisme dan integritas sebagai prasarana utama terwujudnya keadaan peradilan Indonesia yang hakiki.

https://www.mahkamahagung.go.id/cms/media/5806

Kalau kita melihat nama medjid yang kita lihat pada hari ini yaitu "Al Hikmah" yang disematkan pada mesjid ini, salah satunya kebijaksanaan. Kebijaksanaan adalah salah satu poin kita dalam kode etik dan pedoman perintah hati yang diartikan supaya mampu bertindak sesuai dengan norma norna yang hidup dalam masyarakat. Sesuai namanya, semoga dengan dibangunnya mesjid ini akan meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah umat Muslim di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, dengan harapan  meningkat pula profesionalisme dan integritas.

http://103.16.79.44/cms/media/5809
Hatta sangat memberikan apresiasi dengan waktu yang singkat sudah dapat membangun sebuah mesjid yang cukup indah. Tetapi sekalipun indahnya mesjid tersebut, Hatta Ali berpesan, jangan dijadikan hanya menjadi tempat istirahat dan bahkan tidur bagi pegawai. "Mesjid ini benar benar dimanfaatkan  sesuai dengan tujuannya. Saya juga mengucapkan selamat atas selesainya mesjid Al Hikmah ini sehingga pengorbanan, waktu, tenaga dan akal pikiran dari panitia pembangunan mesjid tetap berguna.  Dan tidak lupa sumbangsih para dermawan," tutur Hatta Ali.

https://www.mahkamahagung.go.id/cms/media/5807

Peresmian Masjid ini ditandai dengan Penandatanganan Prasasti dan Penekanan Tombol oleh Ketua MA

https://www.mahkamahagung.go.id/cms/media/5808
Usai peresmian itu, Ketua MA dan jajarannya selanjutnya melaksanakan sholat Jumat berjamaah di mesjid tersebut. (ds/rs)




Kantor Pusat