Lambang Mahkamah Agung Republik Indonesia
Lambang Mahkamah Agung Republik Indonesia
Berita / Selasa, 2 Maret 2021 12:07 WIB / Erwin Murdyanti

KETUA MAHKAMAH AGUNG MEMBUKA RAPAT KOORDINASI NASIONAL PERADILAN AGAMA 2021 SECARA VIRTUAL

KETUA MAHKAMAH AGUNG MEMBUKA RAPAT KOORDINASI NASIONAL PERADILAN AGAMA 2021 SECARA VIRTUAL

Jakarta-Humas : Ketua Mahkamah Agung RI Prof. Dr. M. Syarifuddin, SH., membuka secara resmi acara Rapat Koordinasi (Rakor) Nasional Peradilan Agama Tahun 2021 dengan tema “Membangun Peradilan Agama Modern Berkelanjutan Menuju Birokrasi Berkelas Dunia”, Selasa 02 Maret 2021 bertempat di Command Center Mahkamah Agung.

Rapat koordinasi yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama dengan dukungan Kamar Agama Mahkamah Agung ini adalah representasi dari komitmen bersama seluruh unsur di Peradilan Agama dalam menetapkan program-program strategis yang dibutuhkan bagi kemajuan Lembaga.

Dalam sambutannya Ketua Mahkamah Agung mengatakan Rapat Koordinasi ini menjadi medium yang paling tepat untuk mengevaluasi kembali kebijakan-kebijakan terdahulu, menemukan dimana titik lemahnya, menerapkan rencana aksi perbaikan, menggagas inovasi baru serta menetapkan target capaian lain yang mendukung terwujudnya Badan Peradilan Indonesia Yang Agung.

Dalam pengamatan saya selama ini Badilag telah mampu tampil sebagai salah satu motor penggerak pembaruan peradilan, dengan program-program yang telah dicanangkan sebelumnya, dapat mendorong terwujudnya reformasi birokrasi di lembaga peradilan, Hal ini menjadi salah satu elemen penting  dalam mempercepat perwujudan visi peradilan dalam Cetak Biru Pembaruan Peradilan 2010-2035. Disamping pembenahan dari sisi prosedur dan administrasi berbasis tekhnologi informasi, kita tidak boleh melupakan bahwa esensi Lembaga peradilan adalah memberi keadilan bagi seluruh lapisan masyarakat, upaya ini menjadi teramat penting jika dihubungkan dengan kepentingan hukum bagi kelompok masyarakat rentan seperti perempuan dan anak. tutur mantan Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial tersebut.

Selain membuka rakor, Ketua Mahkamah Agung meresmikan peluncuran 6 (enam) inovasi aplikasi yaitu :

  1. Laporan Elektronik
  2. Monitoring dan Evaluasi Elektronik
  3. Pusat data Perkara
  4. Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Satuan Kerja
  5. Perijinan Online Satuan Kerja
  6. Portal Ekonomi Syariah

Acara rakor secara virtual ini dihadiri oleh Wakil Ketua Mahakamah Agung Bidang Yudisial, Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial, Ketua Kamar Agama dan Para Hakim Agung Kamar Agama, Ketua Jabatan Kehakiman Syari’ah Malaysia, Hakim Family Court of Australia, Rektor Universitas Ibnu Saud Arab Saudi, Dirjen Anggaran pada Kementerian Keuangan serta tamu undangan lainnya dan diikuti oleh Mahkamah Syar’iyah Aceh/Pengadilan Tinggi Agama dan Mahkamah Syar’iyah/Pengadilan Agama seluruh Indonesia yang dilakukan sepenuhnya secara daring di command center/media center masing-masing Satuan Kerja yang diikuti oleh Ketua, Wakil Ketua, Panitera, dan Sekretaris. (ERW/PN)




Kantor Pusat