Lambang Mahkamah Agung Republik Indonesia
Lambang Mahkamah Agung Republik Indonesia
Berita / Selasa, 6 September 2022 12:56 WIB / Enny Nadra

KETUA KAMAR PERDATA MAHKAMAH AGUNG RI MENGHADIRI PERTEMUAN CACJ

KETUA KAMAR PERDATA MAHKAMAH AGUNG RI MENGHADIRI PERTEMUAN CACJ

Jakarta - Humas : Ketua Kamar Perdata Mahkamah Agung RI, I Gusti Agung Sumanatha, S.H., M.H, menghadiri Acara COUNCIL OF ASEAN Chief Justices Meeting (CACJ) Working Group – On  Judicial  Education  and training (WG-JET) didampingi oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI, Bambang Hery Mulyono, S.H.,M.H, pada Selasa 6 September 2022 di Hotel Le Meridien Jakarta.

Dalam Sambutannya I Gusti Agung Sumanatha, S.H., M.H menyampaikan pertemuan ini diperlukan untuk membahas materi dan informasi yang diperlukan bagi lembaga pelatihan peradilan terkait perangkat hukum dan institusi ASEAN.

Pertemuan ini merupakan pertemuan rutin oleh Kelompok Kerja Pendidikan dan Pelatihan yang merupakan bagian dari Council of ASEAN Chief Justices Meeting (CACJ). Kelompok kerja ini dipimpin bersama antara Mahkamah Agung RI dengan Judicial  Academy of Supreme Court of the Philippines.

https://www.mahkamahagung.go.id/cms/media/10730

Mahkamah Agung Republik Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan kerja sama yudisial negara-negara ASEAN dalam bidang pendidikan dan pelatihan peradilan di Jakarta pada 6-7 September ini. Pertemuan tersebut membahas dan mendiskusikan perihal perangkat hukum dan institusi hukum yang ada di ASEAN sebagai sebuah organisasi di kawasan Asia Tenggara.

Sebagaimana diketahui, Komunitas ASEAN telah digagas sejak dekade lalu terdiri dari kerjasama di bidang keamanan, ekonomi dan sosial budaya. Ketiga hal tersebut dilandasi oleh pemahaman bersama mengenai aturan (rule-based community). Oleh karena itu institusi peradilan di negara-negara anggota ASEAN yang tergabung dalam Kelompok Kerja Pendidikan dan Pelatihan Yudisial mengadakan pertemuan yang fokus pada kerangka hukum di ASEAN.

Lebih lanjut pria kelahiran Denpasar Bali ini menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Justice Rosmari Carandang sebagai pimpinan Philipines Judicial Academy yang sudah bersedia secara bersama-sama menyiapkan agenda ini, serta kepada seluruh kolega peradilan di ASEAN atas partisipasinya.

“Terima kasih juga atas partisipasi Mr. Un Sovannasm, Direktur Hukum dan Perjanjian ASEAN Sekretariat serta Professor David Cohen dari Standford University Amerika yang akan berbagi pengetahuan dan pengalaman berharga mereka,” ujar Sumanatha mengakihiri sambutannya.

 https://www.mahkamahagung.go.id/cms/media/10731

Dalam kesempatan yang sama Kepala Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI, Bambang Hery Mulyono, S.H.,M.H, dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur karena hari ini kelompok kerja Pendidikan dan Pelatihan Peradilan ini akhirnya bisa bertemu langsung setelah sekian lama hanya bisa bertemu jarak jauh melalui platform online. Namun pandemi juga telah mengajarkan kita untuk menjalankan tugas peradilan dengan cara baru dan efisien, dengan mengutamakan kemajuan teknologi dan informasi. Dirinya berharap setelah pandemi kita semua bisa pulih bersama, dan pulih lebih kuat.

Turut hadir dalam acara tersebut para Hakim ataupun Pejabat dari Lembaga Peradilan hampir seluruh Negara anggota yakni, Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand. Kegiatan ini juga didukung oleh Sekretariat ASEAN yang berkedudukan di Jakarta serta proyek kerja sama ASEAN-USAID PROSPECT (Political Security and Socio-Cultural Communities). (enk/pn/photo:mzn).




Kantor Pusat