Lambang Mahkamah Agung Republik Indonesia
Lambang Mahkamah Agung Republik Indonesia
Berita / Kamis, 22 September 2022 17:10 WIB / Azizah

MAHKAMAH AGUNG RAIH WTP KE-10

MAHKAMAH AGUNG RAIH WTP KE-10

Jakarta-Humas: Mahkamah Agung menerima opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Mahkamah Agung tahun 2021. Wakil Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Dr. H. Sunarto, S.H., M.H., hadir mewakili Ketua Mahkamah Agung menerima penghargaan tersebut pada Kamis, 22 September 2022 di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat pada acara Rapat Kerja Nasional Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah tahun 2022. Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Keuagan Sri Mulyani.

Capaian ini merupakan yang capaian kesepuluh bagi Mahkamah Agung, dimulai dari tahun 2012 hingga tahun 2021.  

Selain menyelesaikan laporan keuangan dengan baik, perbedaan capaian WTP Mahkamah Agung tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya adalah pada tahun 2021 Mahkamah Agung berhasil menindaklanjuti temuan BPK RI seratus persen.

“Mahkamah Agung telah meraih Opini WTP sepuluh kali berturut-turut. Namun yang berbeda di periode ini adalah, Mahkamah Agung berhasil menindaklanjuti temua BPK RI 100 persen, berbeda dengan tahun sebelumnya yang hanya 90 persen. Ini harus dipertahankan” ungkap Achsanul Qosasi saat menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Mahkamah Agung tahun 2021 dari BPK ke Mahkamah Agung pada 19 Juli lalu.

Mahkamah Agung, menurut Achsanul sangat kooperatif, permintaan data-data yang dibutuhkan BPK RI sangat mudah, sehingga pemeriksaannya sesuai waktu, sesuai deadline yang telah ditentukan, tidak ada penambahan waktu.

Terkait penghargaan ini, Ketua Mahkamah Agung menyampaikan harapannya agar penghargaan ini menjadi penyemangat bagi insan peradilan di seluruh Indonesia, demi kebaikan bangsa dan negara.

Turut hadir dalam acara ini puluhan perwakilan Lembaga dan Kementerian yang juga menerima penghargaan WTP. Tiga di antaranya yaitu MPR RI, DPR RI, dan MK RI. (azh/RS)




Kantor Pusat