Lambang Mahkamah Agung Republik Indonesia
Lambang Mahkamah Agung Republik Indonesia
Berita / Selasa, 18 Juni 2019 16:26 WIB / Lisa Harmayanti

DISKUSI TERBATAS TENTANG PENGALAMAN AUSTRALIA DALAM RESTRUKTURISASI DAN ORGANISASI PERADILAN

DISKUSI TERBATAS TENTANG PENGALAMAN AUSTRALIA DALAM RESTRUKTURISASI DAN ORGANISASI PERADILAN

Jakarta - Humas. Ketua Kamar Pembinaan Prof. Takdir Rahmadi membuka diskusi tentang pengalaman Australia dalam restrukturisasi dan organisasi Peradilan yang bertempat diruang pertemuan lantai 12 Mahkamah Agung pada hari Selasa 18 Juni 2019. Kesempatan pertama diberikan kepada Panitera Mahkamah Agung.

Pada kesempatan pertama, Panitera Made Rawa Aryawan memaparkan struktur Mahkamah Agung secara singkat kepada peserta diskusi, beliau menjelaskan potret kinerja penanganan perkara Mahkamah Agung tahun 2018, alur penanganan perkara, dan usulan re-organisasi penganan perkara. Untuk kedepannya struktur organisasi pada kepaniteraan juga akan melakukan upaya pembaharuan dan perbaikan manajemen perkara, ungkap Panitera.

http://103.16.79.44/cms/media/6098

Sekretaris Mahkamah Agung Pudjoharsoyo mengatakan, kami juga sudah membuat kelompok kerja kaitan pembaharaun pada kesekretariatan. Beberapa rancangan dari restrukturisasi organisasi yang telah dirumuskan antara lain, efektifitas dan efisiensi struktur, fungsi penguatan, penyesuaian fungsi, dan penguatan koordinasi antar fungsi. Tugas pokok dan fungsi Sekretaris Mahkamah Agung yaitu melakukan koordinasi terhadap pelaksana tugas unit organisasi, melakukan pembinaan dan pelaksanaan dukungan teknis, organisasi, administrasi  dan juga melakukan pelaksanaan perencanaan semua lingkungan Peradilan, ungkap Pudjoharsoyo.

Ketua Federal Court Australia Hon James L Allsop memberikan pengalaman beliau ditahun 2018, Pengadilan Australia telah mengalami restrukturisasi organisasi besar-besaran, dimana pemerintah mengubah struktur Pengadilan dan menyatukan Family Court dan Federal Magistrate Court dibawah Federal Court,  ungkapnya. Kami banyak melakukan perubahan pada struktur sumber daya manusia, sistem teknologi informasi, dan manajemen keuangan sehingga kami pelan-pelan berkembang makin baik. Perlunya kerangka kerja nasional dalam sebuah perubahan, sehingga kami bisa menambah sumber daya manusia di Peradilan Australia.  Proses yang berjalan beberapa tahun terakhir adalah proses yang penting dalam perjalanan Peradilan Australia, yang bisa menjadi bahan diskusi penting bagi kelompok kerja restrukturisasi organisasi Mahkamah Agung, tutur James.

http://103.16.79.44/cms/media/6099

Kurang lebih diskusi ini berjalan selama tiga jam, dan menghasilkan beberapa kesimpulan dan point-point penting yang dapat digunakan untuk Mahkamah Agung. Dalam acara hari ini hadir pula Para Ketua Kamar, Hakim Agung, CEO Warwick Soden, Para Asisten dan kelompok kerja restrukturisasi organisasi. (lh/is/rs)

 

 

 

 

 




Kantor Pusat