Lambang Mahkamah Agung Republik Indonesia
Lambang Mahkamah Agung Republik Indonesia
Berita / Senin, 31 Mei 2021 13:37 WIB / pepy nofriandi

KETUA MAHKAMAH AGUNG PIMPIN WISUDA PURNABAKTI KETUA PENGADILAN TINGGI AGAMA KEPULAUAN BANGKA BELITUNG SECARA DARING

KETUA MAHKAMAH AGUNG PIMPIN WISUDA PURNABAKTI KETUA PENGADILAN TINGGI AGAMA KEPULAUAN BANGKA BELITUNG SECARA DARING

Jakarta - Humas : Ketua Mahkamah Agung RI Prof. Dr .M. Syarifuddin,SH., MH pimpin Wisuda Purnabakti Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kepulauan Bangka Belitung Dr.Hj.Umi Kulsum,SH.,MH secara daring, acara dilaksanakan pada hari Senin 31 Mei 2021 bertempat di ruang Kusumaatmadja lantai 14 Gedung Mahkamah Agung.

Dalam sambutannya KMA menyampaikan bahwa capaian membanggakan yang telah diraih oleh Ibu Dr. Hj. Umi Kulsum, S.H., M.H patut diapresiasi. Tidak semua Hakim Tinggi memiliki kesempatan untuk menduduki jabatan sebagai Ketua Pengadilan Tingkat Banding. Tanggungjawab besar ini tentu saja hanya akan dipercayakan kepada Hakim Tinggi yang dipandang kompeten dan berpengalaman, baik di bidang yudisial maupun leadership yang punya kemampuan manejerial yang baik. Terlebih sebagai seorang hakim perempuan, di mana saat ini hanya ada 3 (tiga) orang saja hakim perempuan yang diamanahi sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Agama di antara 29 (duapuluh sembilan) Pengadilan Tinggi Agama yang ada di seluruh Indonesia, dan Ibu Dr. Hj. Umi Kulsum, S.H., M.H. merupakan salah satu di antaranya. Tentunya, prestasi langka ini hendaknya diteladani oleh para srikandi peradilan lainnya di tanah air.

Mencermati perjalanan karir Ibu Dr. Hj. Umi Kulsum, S.H., M.H., kiranya dapat memberikan motivasi kepada jajaran insan peradilan dalam menemukan arti sebuah pengabdian. Lebih kurang 38 (tigapuluh delapan) tahun lamanya beliau mendedikasikan hidup di lembaga yudikatif ini, baik sebagai pegawai maupun hakim, berpindah tugas dari satu kota ke kota lainnya, beliau akhirnya sukses mengakhiri masa pengabdian tanpa meninggalkan satupun catatan merah atau hitam. Saya yakin, dalam perjalanan panjang karir tersebut, tentu tidak sedikit godaan dan ujian yang harus dihadapi. Namun berkat keikhlasan dan kesungguhan (mujahadah), semua bisa teratasi dengan baik, hingga akhirnya beliau sampai pada garis finish pengabdian dengan selamat. Hal ini mengingatkan kita pada ungkapan seorang tokoh Muhammad Ali Jinnah yang pernah mengatakan: “Dengan iman, disiplin, dan pengabdian tanpa pamrih, tidak ada kesuksesan yang tidak dapat dicapai”. Keikhlasan dan kesungguhan merupakan modal dasar bagi setiap orang untuk mendapatkan pertolongan Tuhan. Hal ini sebagaimana juga diisyaratkan dalam firman Allah SWT: “Dan orang-orang yang bersungguh-sungguh mencari keridhaan Kami, sungguh akan Kami tuntun mereka di jalan Kami”. (Q.S. al-Ankabut, ayat 69).”tutur KMA.

Lebih lanjut Prof. M. Syarifuddin  mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas pengabdian yang panjang yang telah diberikan. Dengan disertai rasa syukur dan bangga, saya melepas Dr. Hj. Umi Kulsum, S.H., M.H., selaku Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kepulauan Bangka Belitung memasuki Purnabakti. Dan tidak lupa juga ucapan terima kasih kepada suami Dr. Drs. H. Subroto, M.S.I beserta putra putri yang dengan setia mendampingi Ibu Dr. Hj. Umi Kulsum, S.H., M.H., selama bertugas di jajaran Peradilan.

Diakhirnya sambutan, Ketua Mahkamah Agung  mengucapkan selamat memasuki masa Purnabakti, dan selamat menjadi anggota PERPAHI (Persatuan Purnabakti Hakim Indonesia). Semoga Allah SWT senantiasa memberikan rahmat, taufik serta hidayah-Nya kepada Ibu dan keluarga. Amiin Yaa Rabbal ‘Alamin.

Acara yang diselenggarakan dengan menerapkan protokol Kesehatan ini dihadiri oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial, Non Yudisial, Ketua Kamar Agama, Ketua Kamar Pengawasan, Sekretaris Mahkamah Agung, Dirjen Badilag dan Ibu - ibu Dharmayukti Karini, serta Para Ketua Pengadilan Tinggi Agama seluruh Indonesia secara virtual.(Humas)

 




Kantor Pusat